Pages

Senin, 17 Januari 2011

Tips-Tips dalam Bermain Drum

 Hai drummer, aq punya beberapa tips penting niii yang harus kalian ketahui.

Tapi sebelumnya aq pengen cerita-cerita sedikit tentang drum. Memang sampai saat ini drum merupakan  salah satu alat musik yang paling di minati bagi merka yang ingin nge-band. Karena pada dasarnya alat yang satu ini tidak memerlukan kunci-kunci atau harmonisasi nada yang rumit dan perlu hafalan, seperti pada guitar ato alat musik lainnya di dalam mengiringi lagu. Namun di drum yang terpenting adalah ketepatan tempo dan stroke untuk memberi tanda jalan, tanda jeda, dan lain sebagainya. Jika di ibaratkan dalam sebuah mesin, drum adalah penggeraknya. Namun terkadang karena kompleksitas drum yang termasuk cukup tinggi, orang terkadang menjadi kesulitan ketika tengah berada pada tahap awal belajar. Maka dari itu, saya sebisanya memberikan tips-tips tentang drumming secara umum.
Berikut ini adalah tips-tipsnya :
1. Gunakan ear plug (pentup telinga), hal ini berguna untuk melindungi telinga dari kerusakan dan selal gunakan pada waktu latihan atau pun pada saat tampil / gigs.
2. Biasakan untuk menggunakan metronome pada saat berlatih drum, hal ini berguna agar tempo kita selalu terjaga / stabil (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat).
3. Rileks, usahakan dalam bermain drum serileks mungkin jangan tegang dan jangan membuang banyak-banyak tenaga. Kesimpulannya nikmatilah bermain drum.
4. Siapkanlah stick lebih dari 1 jika ingin tampil.
5. Jangan cepat puas dengan ilmu yang kamu punyai, teruslah berkemang, karena pasti ada yang lebih baik dari kita. Banyak-banyaklah dalam menonton konser karena terkadang dalam konser itu kita dapat mengambil gaya-gaya permainan yang bagus.
6. Jangan fanatik terhaadap satu atau dua aliran saja, karena hal inilah yang membuat gaya permainanmu terlihat membosankan karena terkesan monoton. Cobalah meng-explore sebanyak mungkin aliran musik, karena dari situlah permainanmu makin berkembang dan menjadi menarik.
7. Usahakan dalam bermain drum, libatkanlah fell yang benar-benar harus di  rasakan, jangan asal pukul dan jangan berpikiran bahwa semakin keras pukulanmu maka akan semakin bagus. Dan jangan berpikir bahwa jika kamu memainkan musik semakin cepat maka kamu akan semain bagus. Tidak juga, kecepatan dan kekerasan tidak ada sangkut pautnya dengan musikalitas.
8. Berlatihlah dari tempo yang lambat, jika sudah terbiasa, mulai tingkatkan temponya perlahan-lahan. Bukankah kita harus belajar berjalan dahulu sebelum kita berlari.
9. Dengarkanlah musisi lainnya, jangan egois yang terlalu terfokus pada diri sendiri. Karena biasanya dengan mendengarkan musisi lain bermain kita dapat menambah inspirasi kita dalam bermain drum.
10. Jadilah pemain drum yang kreatif, karena dalam dunia drum banyak hal-hal yang perlu di explore. Beri variasi pada setip permainan drum yang kamu mainkan. Karena drum masih merupakan sesuatu yang ’baru’, masih banyak variasi yang bisa kamu buat.

Note: Untuk ear plug kamu dapat membelinya di apotik yang besar atau di toko yang menjual perlengkapan militer. Untuk metronome disetiap toko musik pasti ada, dan kalau bisa carilah yang digital. 

 Semoga bermanfaat kawan.^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar