Pages

Minggu, 23 Januari 2011

INSOMNIA!!


“jam berapa ini??”, “sudah terdengar adzan subuh yang pertama”, “apa yang harus saya lakukan?”. Mungkin itulah yang terbesit di dalam pikiran para pecandu insomnia. Lho kok bisa?? Ya jelas bisa, karena pada dasarnya para penderita insomnia terkadang pada waktu akan tidur terlalu banyak pikiran, tidak tenang pikirannya, sehingga akhirnya membuat otak yang seharusnya istirahat menjadi bekerja terus menerus untuk memikirkan suatu hal. Biasanya insomnia ini menjangkiti anak-anak SMA maupun mahasiswa tak terkecuali mahasiswi pun juga terserang. Tapi lebih sering adalah pada tingkatan mahasiswa/mahasiswi. Sebenarya definisi insomnia sendiri menurut paman saya yang bernama paman wikipedia, beliau mengatakan “insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu.”
Gejala insomnia tersebut biasanya di ikuti oleh gangguan fungsional saat bangun dari tidur. Insomnia sering di sebabkan oleh adanya suatu penyakit atau sering di akibatkan adanya permasalahan psikologis. Insomnia bukanlah sebuah penyakit, tetapi lebih merupakan pada gejala yang mempunyai berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik, dan pemakaian obat-obatan. Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah. Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang. Stadium tidur juga berubah, dimana stadium 4 menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menghilang, dan pada semua stadium lebih banyak terjaga. Perubahan ini, walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup tidur. Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali. Kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresi. Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.
Sebuah survei yang dilakukan di Amerika survei dari 1,1 juta penduduk di Amerika yang dilakukan oleh American Cancer Society menemukan bahwa mereka yang dilaporkan tidur sekitar 7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian terendah, sedangkan orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam lebih tinggi tingkat kematiannya. Tidur selama 8,5 jam atau lebih setiap malam dapat meningkatkan angka kematian sebesar 15%. Insomnia kronis - tidur kurang dari 3,5 jam (wanita) dan 4,5 jam (laki-laki) juga dapat menyebabkan kenaikan sebesar 15% tingkat kematian. Setelah mengontrol durasi tidur dan insomnia, penggunaan pil tidur juga berkaitan dengan peningkatan angka kematian.
Dan saya pernah mempunyai teman, dia terserang insomnia akut. Dan berlangsung selama 1 bulan. Dya pergi ke dokter dan memeriksakannya, dan tanpa ia sadari ia terkena gangguan saluran kencing.
Nah, teman-teman sekalian sudah semakin tahu dan paham tentang insomnia dan penyebabnya, kan?? Apa lagi waktu melihat survey yang di lakukan di Amerika dan pengalaman dari teman saya. Saya harap kalian harus lebih ahti-hati tentang insomnia, dan jangan di anggap remeh atau bahkan keren.
Sebenarnya mengatasi insomnia cukuplah mudah, sebelum kita tidur usahakan pikiran kita tenang, jauhkan dulu masalah-masalah yang bersifat keduniawia, masalah tugas lah, masalah hutang, masalah apa yang harus aq kerjakan besok. Buang semua pikiran tersebut jauh-jauh. Konsentrasikan untuk tidur. Jika kalian nyaman dengan lampu terang, gunakanlah lampu terang tersebut saat kalian tidur, jika kalian nyaman dengan lampu redup atau bahkan gelap, gunakanlah cahaya tersebut untuk tidur. Usahakan sebelum tidur kita sudah shalat isya’, sudah wudhu juga. Supaya kita menjadi semakin tenang. Kemudian berbaringlah terlebih dahulu, tenangkan pikiran. Jika masih belum tenang, bacalah buku yang sekiranya menurut kalian buku itu berbahan bacaan berat. Karena jika kalian membaca buku yang kalian anggap berat, lama-lama kalian pastia akan mengantuk dengan sendirinya. Misalnya saja, kalian tidak suka dengan buku sejarah, bacalah buku itu, pasti lama-kelamaan kalian akan mengantuk. Jika tidak bisa, cobalah membaca Al-Quran dengan terjemahannya juga. Tujuannya untuk membuat hati kita tenang, karena inti supaya kita bisa tidur adalah hati kita dan pikiran kita harus tenang terlebih dahulu.
Sekian dulu ya kawan-kawan. Hari semakin pagi, dan saya belum tidur sedetik pun. Haha. Semoga tips-tips dari saya tentang insomnia bisa membantu kalian mengubah pola tidur kalian (jika kalian terserang isomnia). Aminn.
Pesan terakhir dari saya sebelum saya tidur, biasakanlah pola tidur kalian sehat/cukup. Supaya esok paginya segar kembali dan dapat menjalankan segala aktivitas kalian dengan baik. Dan ingat bahwa sehat itu mahal harganya. Lebih baik menjaga dari pada mengobati.
Maaf atas salah-salah kata.. Sekian dari saya,, ^^
SELAMAT TIDUR KAWAN..

2 komentar: