Pages

Sabtu, 22 Januari 2011

Sekelumit Tentang MS-DOS


Hai sobat sekalian, kali ini saya akan membahas pengetahuan kita tentang komputer yaitu MS-DOS. MS-DOS adalah merupakan sebuah operating system, MS-DOS artinya adalah Microsoft-Disk Operating System. MS-DOS ini pertama kali di buat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang di kepalai oleh Tim Patterson yang belakangan ini di rekrut oleh Microsoft untuk pengembangan DOS pada tahun 1980. Sebagai sebuah perangkat lunak system operasi dengan nama Q-DOS (Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya di ubah namanya menjadi 86 DOS. Karena Q-DOS di desain untk berjalan di prosessor Intel 8086. Microsoft pun membelinya lesensinya seharga 50.000 dari SCP. Lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Kemuadian pada saat IBM akan meluncurkan komouter pribadi yang di sebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS pada IBM. Nah, itulah sekelumit sejarah perkembangan MS-DOS.
Pengembangan MS-DOS, selanjutnya Microsoft dan IBM merilis versi-versi DOS, di mana IBM langsung membuat IBM PC yang kemudian di sebut dengan “IBM PC DOS” (Internasional Bussiness Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya IBM hanya menggunakan apa yang layak di gunakan dari MS-DOS yang di rilis oleh Microsoft (seperti program-program atau utilitas yang ikut di sertakannya). Hal inilah yang menyebabkan versi IBM di rilis selalu lebih lambat di bandingkan dengan versi MS-DOS. Tetapi MS-DOS versi 4.0 adalah MS-DOS yang persis sama dengan IBM PC DOS, karena Microsoft sedang beronsentrasi untuk mengembangkan sistem operasi penerus DOS, yang di beri nama OS/2.
MS-DOS pun mulai berkembang cukup cepat. Dengan fitur-fitur yang di abl dari berbagai sistem operasi. Seperti Microsoft Xenix-salah satu varian system opersi Unix yang di kembangkan oleh Microsoft dan DR-DOS milik Digital Research, serta produk-produk utilitas seperti Norton Utilities dari Symantec Corporation (produk yang di adopsi seperti Microsoft Disk Defragmenter), PC-Tools dari Central Point (produk yang di adopsi dari Microsoft anti-virus), manager memory semakin di perluas atau yang biasa kita sebut dengan EMM (Expanded Memory Manager), QEMM dari Quarterdeck (produk yang di adopsi seperti EMM386), kompresi disk (atau yang biasa kita sebut dengan Disk Compression), Drive Space dari Stac Electronics, dan masih banyak lagi produk yang diadopsi lainnya.
Ketika Intel memperkenalkan mikroprosesor terbaru yang di sebut dengan Intel 80286. Microsoft dan IBM memulai proyek system operasi pengganti DOS yang disebut dengan OS/2, yang pada dasarnya system OS/2 adalah system MS-DOS yang berjalan dalam mudus terproteksi (protected mode). Tetapi Microsoft meninggalkan proyek OS/2 tersebut dan memfokuskan diri pada pengembangan Microsoft Windows dan Microsoft Windows NT. Digital Research membuat antarmuka grafis yang di sebut dengan GEM, tapi sangat urang populer pada komputer IBM PC atau kompatible. GEM ternyata mendapat pasarnya pada komputer ATARI ST, tapi akhirnya di selip lag oleh Microsoft dengan versi Windows 3.0.
Cukup sekian dulu kawan, pengenalan MS-DOS dari saya. Nanti pada bagian selanjutnya saya akan menjelaskan tentang versi-versi MS-DOS. Mohon maaf bila banyak salah-salah kata. 
Terima kasih........ ^^  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar